Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik

Authors

  • Ihsan Harits Rustian Universitas Islam Jakarta
  • Mugiyono Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i2.495

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik, SMKN 14 Jakarta Pusat, Korelasi, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Agama  Islam  (PAI) terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMKN 14 Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey dan angket. Sampel penelitian terdiri dari 48 peserta didik kelas X yang diplih secara acak dari total populasi 317 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket dengan skala likert dan dianalisis menggunkan Teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara Pendidikan Agama Islam dan karakter peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,704. Hal ini mengindikasikan bahwa PAI memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam aspek tanggung jawab, kejujuran, dan kedisiplinan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa 49% variasi karakter peserta didik dipengaruhi oleh PAI, sedangkan 50% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan pembelajaran PAI di sekolah melalui metode yang interaktif dan kontekstual, serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan Masyarakat untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islami disekolah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Doni Koesoema. (2015). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (A. A. Nusantara, Ed.; 3 ed.). Penerbit PT Grasindo .

Aaladdiin, F. M. H. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 1–22.

Ahyat, N. (2017). METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 4(1), 24–31.

Ali, N. (2022). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 5(1), 54. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1680

Azhari, S. D. (2022). Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kepribadian Islami. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(5), 1–6.

Aziz Hamka Abdul. (2017). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati Akhlak Mulia Pondasi Membangun Karakter Bangsa (Bagus Dwi, Ed.; 3 ed.). AMP Press Imprint Al-MAWARDI PRIMA.

Bunyamin, B. (2018). Konsep pendidikan akhlak menurut Ibn Miskawaih dan Aristoteles (Studi Komparatif). Jurnal Pendidikan Islam , 9(2), 127–142.

Chandra, P., & Carolina, D. (2020). HUBUNGANPEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI)DENGAN PEMAHAMAN JIWAKEAGAMAAN SISWA DIBENGKULU SELATAN. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 95–107.

Chandra Sari, N., Ahiruddin, & Djunaidi. (2022). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis ke-II. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 148–153. https://doi.org/10.24967/FEB.V2I1.1887

Efendy, R., & Irmwaddah Irmwaddah. (2021). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–33.

Faizin, F. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter. Edification Journal, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.116

Firmansyah Iman, M. (2019). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17No. 2-201979PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PENGERTIAN, TUJUAN, DASAR, DAN FUNGSI. Taklim Pendidikan Agama Islam, 17, 1–12.

Ishak. (2021). KARAKTERISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Studi Islam, 1–12.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781

Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (2021). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–14.

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Judrah, Muh., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Maesaroh, S. (2013). PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Kependidikan , 1(1), 1–19.

Maharani, I., Efendi, N., & Oktira, S. Y. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Marjuni, A. (2020). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 210. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16915

Martin, Y., & Hermon, D. (2022). Urgensi pembelajaran sosiologi dalam memperkuat nilai-nilai karakter siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(4), 691–695.

Mukhlis. (2024). Analisis Hubungan Pendidikan Agama Islam dengan Pengembangan Karakter Serta Dampaknya Terhadap Peningkatan Etika Profesi. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Multidisiplin Ilmu, 1(4).

Mustafa, M. (2022). PENDIDIKAAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.13

Nabila. (2021a). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–875.

Nabila, N. (2021b). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867–874.

Narimo, S., Sutama, & Novitasari, M. (2019). EMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS BUDAYA LOKAL. Jurnal Varidika , 31(1), 39–44.

Nartani, C. I., & Adi Nugroho, I. (2022). NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1373–1382. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11842

Nata, H. A. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia (15 ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Purwanza, S. W., Wardhana, (Cand) Aditya), & Mufidah, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Ns. A. Munandar, Ed.). MEDIA SAINS INDONESIA .

Puspitasari, N., Relistian, L., & Yusuf, R. (2022). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMTERHADAPPEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUSPESERTA DIDIK. Atta’dib Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–12.

Ridha Nikmatur. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/18/15

Saputra, A. (2022). STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP. GENTA MULIA, 13(https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/issue/view/11), 73–83.

Sari, E. N., Bahri, H., & Syafri, F. S. (2019). RELEVANSI DONGENG DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 322. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2275

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sinaga, S. (2020). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA. Waraqat Jurnal Ilmu - Ilmu Keislaman, 2(1), 1–14.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Sulaeman, M., & Bachrun‘Ulum Romadhoni, M. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGK AN KARAKTER PESERTA DIDIK SMKN 40 JAKARTA TIMUR. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(3), 885–889. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i3.2748

Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Unisan Jurnal, 3(1), 1–13.

Supiana, & Rahmat Sugiharto. (2017). Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-roudloh Cileunyi Bandung Jawa Barat). Jurnal Educan, 1(1), 90–109.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Jurnal Of Science Education , 1, 1–18.

Syamil, A., Falasifah, N., & Radjawane, L. E. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (S. Bahri, Ed.). MEDIA SAINS INDONESIA .

Utomo, B. K. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. Modeling Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 1–12.

Yuni, E. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO [Thesis (Skripsi (S1))]. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Ihsan Harits Rustian, & Mugiyono. (2025). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 21–30. https://doi.org/10.55623/au.v6i2.495