Inovasi dalam Manajemen Institusi Pendidikan Islam di MDT Riyadhul Jannah Bandung

Authors

  • Ujang Taryana UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Rosnidar UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Moh Ali UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Muthoharoh UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.434

Keywords:

lembaga pendidikan Islam, MDT Riyadhul Jannah, inovasi pengelolaan, kualitas Pendidikan

Abstract

Pengelolaan sekolah Islam sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menilai inovasi pengelolaan yang digunakan di MDT Riyadhul Jannah Bandung untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kinerja administrasi lembaga.  Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara mendalam.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDT Riyadhul Jannah menerapkan berbagai inovasi pengelolaan. Ini termasuk menerapkan teknologi informasi dalam administrasi dan pembelajaran, memberikan pelatihan berkelanjutan untuk manajemen SDM, dan membuat program kurikulum yang didasarkan pada nilai dan karakter Islam.  Inovasi ini meningkatkan kinerja lembaga, kepuasan siswa, dan keterlibatan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengelolaan yang adaptif dan kontekstual menjadi kunci keberhasilan institusi pendidikan Islam dalam menghadapi dinamika tantangan zaman. Kesimpulan penelitian ini dapat digunakan oleh para pemimpin institusi pendidikan Islam lainnya untuk mengoptimalkan cara mereka mengelola organisasi mereka.

Kata kunci: lembaga pendidikan Islam, MDT Riyadhul Jannah, inovasi pengelolaan, kualitas Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2013). Perkembangan Teknologi Informasi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-20. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.1-20.

Kementerian Agama RI. (2019). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sallis, E. (2014). Total quality management in education (4th ed.). London: Routledge.

Suryani, A. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 273-284. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.273

Depdiknas. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2018). Management (14th ed.). Harlow, UK: Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen pendidikan nasional: Kajian strategik kebijakan pendidikan nasional dalam abad ke-21. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Taryana, U., Rosnidar, Moh Ali, & Muthoharoh. (2025). Inovasi dalam Manajemen Institusi Pendidikan Islam di MDT Riyadhul Jannah Bandung. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 286–291. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.434