Inovasi dalam Manajemen Institusi Pendidikan Islam di MDT Riyadhul Jannah Bandung
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.434Keywords:
lembaga pendidikan Islam, MDT Riyadhul Jannah, inovasi pengelolaan, kualitas PendidikanAbstract
Pengelolaan sekolah Islam sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menilai inovasi pengelolaan yang digunakan di MDT Riyadhul Jannah Bandung untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kinerja administrasi lembaga. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDT Riyadhul Jannah menerapkan berbagai inovasi pengelolaan. Ini termasuk menerapkan teknologi informasi dalam administrasi dan pembelajaran, memberikan pelatihan berkelanjutan untuk manajemen SDM, dan membuat program kurikulum yang didasarkan pada nilai dan karakter Islam. Inovasi ini meningkatkan kinerja lembaga, kepuasan siswa, dan keterlibatan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengelolaan yang adaptif dan kontekstual menjadi kunci keberhasilan institusi pendidikan Islam dalam menghadapi dinamika tantangan zaman. Kesimpulan penelitian ini dapat digunakan oleh para pemimpin institusi pendidikan Islam lainnya untuk mengoptimalkan cara mereka mengelola organisasi mereka.
Kata kunci: lembaga pendidikan Islam, MDT Riyadhul Jannah, inovasi pengelolaan, kualitas Pendidikan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. (2013). Perkembangan Teknologi Informasi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-20. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.1-20.
Kementerian Agama RI. (2019). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sallis, E. (2014). Total quality management in education (4th ed.). London: Routledge.
Suryani, A. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 273-284. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.273
Depdiknas. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2018). Management (14th ed.). Harlow, UK: Pearson.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen pendidikan nasional: Kajian strategik kebijakan pendidikan nasional dalam abad ke-21. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ujang Taryana, Rosnidar, Moh Ali, Muthoharoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.