Model Pembinaan Khuluqiyah di Era Transformasi Digital (Studi Kasus pada Siswa MI Al-Azhar Bungadidi)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i1.465Keywords:
Model Pembinaan Khuluqiyah, Transformasi DigitalAbstract
Transformasi digital merupakan suatu fenomena yang menjadi tren global selama dua dekade terakhir. Dan telah merasuki seluruh aspek kehidupan manusia bahkan sampai pada dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembinaan khuluqiyah di era transformasi digital saat ini. Penelitian ini menggunakam penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 74 siswa MI Al-Azhar Bungadidi dan sumber data dari kepala madrasah, guru kelas dan orang tua siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan khuluqiah dilakukan dengan uswah hasanah (keteladanan), Ta’widiyah (pembiasaan), mau’izhah (nasehat), Qishshah ( cerita), kolaborasi antara guru dan orang tua siswa dan pengadaan kegiatan ekstrakulikuler. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi saqofah bagi setiap tenaga pendidik terkhusus pada Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya.
Downloads
References
Ari, Rachmawati Taurisia. Transformasi untuk Dunia Pendidikan https://www.eudeka.id/transformasi-digital-untuk-dunia-pendidikan
Budiya, Bahroin. Konsep Pendidikan Khuluqiyah dalam Prespektif kitab Washoya Al- Abaa’ lil abna unruk Menanggapi Pendidikan Era Industri 4.0, Attaqwa:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol 16, No. 1 Maret 2020. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/61/44
Djaenudin, Asep. Urgensi Penyesuaian Metode Pembelajaran di Era Disruptive Technology, Jurnal Pari, Vol 7 No. 1 Juli 2021, https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/viewFile/10285/7379
Hakim, Lukman. Transformasi Pendidikan Agama Islam: Strategi dan adaptasi pada era digital Industri 4.0, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.9, No. 4, November 2021. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3360/2143
Indah. Nur Sari, Konsep Pendidikan Islam dalam membina Akhlak terhadap Anak, Jurnal As-Salam, Vol.IV,No.2, Tahun 2018.
Iswati, Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik yang Humanis Religius, Jurnal Pendidikan Islam Al—I’tibar, (VOL.3. No. 1). 2017 h. 41. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/199/114
Komang, Ni Suni Astini, Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaram, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No 2 Tahun 2020 https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/452/446
Pratomo,Yoga . RZ Abdul Aziz. Rencana Strategis Teknologi Inormasi Menyongsong Transformasi digital di dunia Pendidikan (Studi Kasus SMK Negeri 1 Sukadana Kabupate Lampung Timur), JTKSI,Vol.02 No 03 September 2019.
Syaputra, Alvin. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Program Adiwiyata di SMA Negeri Bengkulu, (SKRIPSI) http://repository.iainbengkulu.ac.id/7446/1/Implementasi%20Nilai-Nilai%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20Pada%20Program%20Adiwiyata%20di%20SMA%20Negeri%204%20Kota%20Bengkulu.pdf
Transformasi digital untuk dunia pendidikan, https://www.eudeka.id/transformasi-digital-untuk-dunia-pendidikan/
Ahmad, Oleh, and Teguh Purnawanto. “Jurnal Ilmiah Pedagogy Urgensi Literasi Digital Bagi Guru , Siswa Dan Orang Tua Jurnal Ilmiah Pedagogy” 17, no. November (2021).
Budiya, B. “Konsep Pendidikan Khuluqiyah Dalam Prespektif Kitab Washoya Al Abaa’Lil Abna’untuk Menanggapi Pendidikan Era Industri 4.0.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 16 (2020): 95–112. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/61%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/2334/61-Article Text-262-1-10-20200715.pdf?sequence=1.
Prafitri, Bayu, and Sebekti. “Pendidikan Membentuk Manusia Dari Tidak Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa , Berakhlak Mulia , Sehat.” Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 04, no. 02 (2018): 342–344.
Pratomo, Yoga, and Rz Abdul Aziz. “Rencana Strategis Teknologi Informasi Menyongsong Transformasi Digital Di Dunia Pendidikan (Studi Kasus SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur).” Jtksi 02, no. 03 (2019): 74–81.
Sugiharto, Rahmat. “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan.” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).
Taklimudin, Taklimudin, and Febri Saputra. “Metode Keteladanan Pendidikan Islam Dalam Persfektif Quran.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2018): 1.
بیات, آتوسا, and محمدرضا بمانیان. “استقرار الگوهای تاثیر تحلیل ساختمان فضاهای در حرارتی جزایر اثر برکاهش بلند های مابین ساختمان ها آتوسابیات 1 محمدرضابمانیان ، 2 * 1-،تهران،ایران مدرس تربیت ،دانشگاه هنرومعماری ارشد،دانشکده کارشناسی التحصیل” 8 (2021): 105–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Patimari, Muthoharoh, Moh. Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.