Implementasi Metode Fun Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Survei Di SMK Negeri 26 Jakarta)

Authors

  • Adella Fitri Fawwazah Universitas Islam Jakarta
  • Raihan Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i2.507

Keywords:

Metode, Fun, Qr, PAI, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode fun learning berbasis permainan Qr Code dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 26 Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan serta faktor-faktor yang mendukung implementasi metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X TBKR SMKN 26 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fun learning berbasis Qr Code dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna. Siswa menunjukkan menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi melalui aktivitas mencari dan memindai Qr Code berisi soal di berbagai lokasi strategis di lingkungan sekolah. Metode belajar ini juga mendorong kerja sama tim, meningkatkan rasa ingin tahu, serta memperdalam pemahaman terhadap materi ajar, terutama dalam pembahasan Syu’abul Iman. Guru menilai bahwa strategi ini sangat efektif karena mampu meningkatkan partisipasi siswa dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna. Dengan demikian, metode ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang relevan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. (2023). Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Amanah Ilmu, 3(1).

Hadi, F. N., & Ulfah, M. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 5(6), 222.

Ilma’nun, L., & Melinda, Y. (2024). Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka. PT Nafal Global Nusantara.

Maemunah. (2024). Analisis Kesulitan Guru pada Proses Peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA Batara Gowa. Jurnal Governance and Politics, 4(2).

Nusantara, R. B. (2024). Menghadirkan Pembelajaran Menyenangkan. Elementa Media Literasi. https://ipusnas2.perpusnas.go.id

Panduwinata, L. F., Rosy, B., Rahmawati, F., & Kusdiyanti, H. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kersja Siswa (LKS) Berbasis Qr-Code Bagi Guru MGMP OTKP Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 1088–1095.

Prayetno, I. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran PAI di Era Digital. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(3), 616–622. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/index

Rasyid, R. E., Yusrianti, Hartati, & Firman. (2023). Strategi Pembelajaran. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). Implementasi Penggunaan QR Code Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Salafiyah Pekalongan. Mozaic: Islam Nusantara, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.47776/moza

Suskha, F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif. PT Literasi Nusantara Abadi Group.

Syahrul, S. (2017). Penerapan Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Konfiks: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 63–70.

Syaripudin, A. (2024). Ragam Strategi Pembelajaran. PT Literasi Nusantara Abadi Group.

Yulinda, N. (2017). “Penerapan metode fun learning dapat meningkatkan hasil Belajar tematik kelas IB SDN 017 Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 127–135. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/4490/4286

Zaeni, A. (2021). Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. In SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Adella Fitri Fawwazah, & Raihan. (2025). Implementasi Metode Fun Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Survei Di SMK Negeri 26 Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 45–55. https://doi.org/10.55623/au.v6i2.507