Implementasi Metode Fun Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Survei Di SMK Negeri 26 Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i2.507Keywords:
Metode, Fun, Qr, PAI, TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode fun learning berbasis permainan Qr Code dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 26 Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan serta faktor-faktor yang mendukung implementasi metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X TBKR SMKN 26 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fun learning berbasis Qr Code dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna. Siswa menunjukkan menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi melalui aktivitas mencari dan memindai Qr Code berisi soal di berbagai lokasi strategis di lingkungan sekolah. Metode belajar ini juga mendorong kerja sama tim, meningkatkan rasa ingin tahu, serta memperdalam pemahaman terhadap materi ajar, terutama dalam pembahasan Syu’abul Iman. Guru menilai bahwa strategi ini sangat efektif karena mampu meningkatkan partisipasi siswa dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna. Dengan demikian, metode ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang relevan di era digital.
Downloads
References
Adam, A. (2023). Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Amanah Ilmu, 3(1).
Hadi, F. N., & Ulfah, M. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 5(6), 222.
Ilma’nun, L., & Melinda, Y. (2024). Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka. PT Nafal Global Nusantara.
Maemunah. (2024). Analisis Kesulitan Guru pada Proses Peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA Batara Gowa. Jurnal Governance and Politics, 4(2).
Nusantara, R. B. (2024). Menghadirkan Pembelajaran Menyenangkan. Elementa Media Literasi. https://ipusnas2.perpusnas.go.id
Panduwinata, L. F., Rosy, B., Rahmawati, F., & Kusdiyanti, H. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kersja Siswa (LKS) Berbasis Qr-Code Bagi Guru MGMP OTKP Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 1088–1095.
Prayetno, I. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran PAI di Era Digital. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(3), 616–622. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkis/index
Rasyid, R. E., Yusrianti, Hartati, & Firman. (2023). Strategi Pembelajaran. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). Implementasi Penggunaan QR Code Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Salafiyah Pekalongan. Mozaic: Islam Nusantara, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.47776/moza
Suskha, F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif. PT Literasi Nusantara Abadi Group.
Syahrul, S. (2017). Penerapan Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Konfiks: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 63–70.
Syaripudin, A. (2024). Ragam Strategi Pembelajaran. PT Literasi Nusantara Abadi Group.
Yulinda, N. (2017). “Penerapan metode fun learning dapat meningkatkan hasil Belajar tematik kelas IB SDN 017 Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 127–135. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/4490/4286
Zaeni, A. (2021). Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. In SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adella Fitri Fawwazah, Raihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.