Efektivitas Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terhadap Kreativitas Mahasiswa (Studi Survei di Universitas Islam Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i2.508Keywords:
Program, MSIB, Kreativitas, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terhadap kreativitas mahasiswa Universitas Islam Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi dan korelasi. Sampel terdiri dari 29 mahasiswa peserta program MSIB, dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang disusun berdasarkan indikator kreativitas dari teori Torrance dan Amabile. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara keaktifan mahasiswa dalam program MSIB dan tingkat kreativitasnya, dengan nilai koefisien korelasi Pearson (rₓᵧ) sebesar 0,798. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) mengindikasikan bahwa hubungan tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,637 menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam program MSIB berkontribusi sebesar 63,7% terhadap variasi tingkat kreativitas mahasiswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Downloads
References
Appulembang, Y. A. (2017). NORMA KREATIVITAS MENGGUNAKAN TORRANCE TEST OF CREATIVITY THINKING UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN (Vol. 9, Issue 1).
Bouckaert, M. (2023). The assessment of students’ creative and critical thinking skills in higher education across OECD countries (OECD Education Working Papers, Vol. 293).
Fatmawati. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky. (n.d.). PRIMARY TEACHER EDUCATION DEPARTMENT FACULTY OF HUMANITIES BINUS UNIVERSITY. Retrieved April 14, 2025, from https://pgsd.binus.ac.id/2021/12/07/implementasi-teori-belajar-konstruktivisme-dalam-pandangan-jean-piaget-lev-vygotsky/
Kemendikbudristek. (2021). Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, Solusi bagi Perguruan Tinggi dan Perusahaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/program-magang-dan-studi-independen-bersertifikat-kampus-merdeka-solusi-bagi-perguruan-tinggi-dan-perusahaan/
Kemendikbudristek. (2023a). Panduan Pelaksanaan Program Magang Dan Studi Independen Bersertifikat Tahun 2023.
Kemendikbudristek. (2023b). Tentang Program MSIB. https://pusatinformasi.mitrakm.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4414636620185-Tentang-Program-MSIB
Kemendikbudristek. (2024). MSIB Angkatan 7 Resmi Dimulai. https://kemdiktisaintek.go.id/kabar-dikti/kampus-kita/msib-angkatan-7-resmi-dimulai/#:~:text=Program%20favorit%20yang%20bernaung%20di,belajar%20menjadi%20talenta%20terbaik%20Indonesia
Kolb, D. a. (1984). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development Learning Sustainability View project How You Learn Is How You Live View project. http://www.learningfromexperience.com/images/uploads/process-of-experiential-learning.pdf
Manning, G., & Manning, G. A. (1985). Self-Directed Learning: A Key Component of Adult Learning Theory. In Journal of the Washington Institute of China Studies (Vol. 26, Issue 2).
Muchtar, A. A., Wahyudin, Y., Niarrofah, N., & Muthiah, S. (2023). Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 249–258.
Pangaribuan, H. J., Fitri, K., & Tarigan, M. A. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Pengalaman Magang Terhadap Kesiapan Kerja Dengan Minat Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Peserta MSIB Universitas Riau.
Rohmah, I. (2020). Efektivitas Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja di LPK Magistra Utama Kota Kediri. Institut Agama Islam (IAIN) Kediri.
Saroyan, A. (2022). Fostering creativity and critical thinking in university teaching and learning: Considerations for academics and their professional learning (280). http://www.oecd.org/termsandconditions.
Saweho, F. F., Celia, V., & Handoko, T. W. (2025). Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB): Efektivitas dalam Meningkatkan Kapabilitas Mahasiswa Sebelum Memasuki Dunia Kerja. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).
Sternberg, R. J. (2011). Componential Models of Creativity. Encyclopedia of Creativity, 226–230. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375038-9.00040-6
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Totoh, A. (2021, August 29). Perguruan Tinggi dan Lulusannya di Era Digital.
Wardhani, W. D. L. (2023). Kreatif Belajar (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi
Yansa, M. (2022). Efektivitas Pembayaran Pajak Kendaraan Roda Empat Pribadi Melalui Layanan dari Pintu ke Pintu (Door to Door) di Samsat Wilayah Palembang I. Universitas Sriwijaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Uswatun Hasanah, Raihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.