Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia

Sebuah Tinjauan Antropologi Pendidikan

Authors

  • Askar Nur Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v3i1.94

Abstract

Sejatinya, pendidikan merupakan perkara yang netral. Arah dan proses pendidikan ditentukan oleh sistem yang mengarahkan. Dalam konteks Indonesia, kecenderungan tujuan pendidikan lebih kepada model pendidikan yang memiliki orientasi utama pada keselarasan dan keterkaitan dengan dunia usaha dan dunia industri. Kecenderungan tersebut merupakan salah satu variabel yang mendukung proses kapitalisasi pendidikan. Konsekuensi logis yang harus diterima adalah konsep pendidikan di Indonesia akan lebih berfokus pada kepentingan pasar bebas dan mengesampingkan pendidikan sebagai kebutuhan dasar manusia dalam mengasah potensi diri dan intelektualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendemonstrasikan proses dan model kapitalisme pendidikan di Indonesia dan berupaya untuk mengembalikan paradigma pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional dalam UUD 1945. Penelitian ini merupakan jenis penelitian descriptif kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dan menggunakan pendekatan antropologi pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal kapitalisme pendidikan di Indonesia dapat terjadi melalui sistem pendidikan yang diterapkan, di antaranya sistem pendidikan melalui mekanisme sistem pasar, sistem pendidikan melalui sistem komando negara, dan sistem pendidikan berbasis kerakyatan. Dari ketiga sistem pendidikan tersebut, di Indonesia lebih didominasi oleh sistem pendidikan berbasis sistem pasar dan sistem komando negara sehingga sebagai upaya dalam mengembalikan paradigma pendidikan Indonesia sesuai tujuan pendidikan nasional adalah dengan menerapkan konsep pendidikan berbasis kerakyatan. Selain itu, Indonesia sebagai negara multikultural tidak terlepas daripada aspek penerimaan para peserta didik yang berasal dari latar belakangg keluarga yang beragam sehingga dalam hal mewujudkan konsep pendidikan yang berkerakyatan, dibutuhkan konsep atau kebijakan pendidikan berbasis kearifan lokal sebagai upaya dalam mensiasati keinginan individu dalam dunia pendidikan untuk mencapai kompleksitas pengembangan intelektual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, M., & Byler, D. (2022). Alienation and Educational “Third Space”: English Learning and Uyghur Subject Formation in Xinjiang, China. In Anthropology & Education Quarterly. Wiley. https://doi.org/10.1111/aeq.12434 DOI: https://doi.org/10.1111/aeq.12434

Agnusia, N. A. (2021). KONSEP PASAR DAN PEMASARAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/ghm35 DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ghm35

Alifiandi, F. (2018). POTRET PENDIDIKAN: ANTARA PENDIDIKAN, GLOBALISASI, DAN KAPITALISME. In Jurnal Penelitian Agama (Vol. 19, Issue 2, pp. 96–103). IAIN Purwokerto. https://doi.org/10.24090/jpa.v19i2.2018.pp96-103 DOI: https://doi.org/10.24090/jpa.v19i2.2018.pp96-103

Angelina, N. (2018). Komodifikasi Perbedaan Dalam Masyarakat Digital (Tinjauan Sosiologi Terhadap Komoditas Kapitalisme Di Era Masyarakat Digital). In Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi (Vol. 2, Issue 1, p. 116). Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20408 DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20408

Anwar, S. (2019). Pendidikan Karakter Islam Dalam Dunia Pendidikan Indonesia. In Tafhim Al-’Ilmi (Vol. 11, Issue 1, p. 164). STIT Aqidah Usymuni Sumenep. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i1.3560 DOI: https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i1.3560

Apostolidou, A. (2022). Digitally situated knowledge: Connectivism, anthropology and epistemological pluralism. In International Journal of Educational Research (Vol. 115, p. 102047). Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102047 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102047

Astutik, D. (2019). PRAKTIK MULTIKULTURALISME DALAM DUNIA PENDIDIKAN (ANALISIS KEKUASAAAN, WACANA, PENGETAHUAN PADA PRAKTIK TOLERANSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS AGAMA KOTA SURAKARTA). In Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi (Vol. 3, Issue 1, p. 14). Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.20961/habitus.v3i1.31936 DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v3i1.31936

Deciku, E. (2020). Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/p47x9 DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/p47x9

Feriyanto, E. (2021). PERSPEKTIF SISTEM PENDIDIKAN MENURUT PENYELENGGARA DAN PENDUKUNGNYA: NEGARA, PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH, ORGANISASI PROFESIONAL, ORANG TUA SISWA DAN MASYARAKAT SERTA ORGANISASI SWASTA. In Tanzhimuna (Vol. 1, Issue 1, pp. 90–99). STIT Buntet Pesantren. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.70 DOI: https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.70

Fitrianah, R. D. (2018). Sistem Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural Di Negara Negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura Dan Brunei Darussalam). In At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam (Vol. 17, Issue 2, p. 231). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. https://doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1414 DOI: https://doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1414

Gerardo, H. (2021). Educational Convergence: The Anthropology, Performance, and Technology (APT) Program. In 2021 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE). IEEE. https://doi.org/10.1109/fie49875.2021.9637415 DOI: https://doi.org/10.1109/FIE49875.2021.9637415

Gibson, M. A. (2019). Collaborative Educational Ethnography: Problems and Profits. In Collaborative Research and Social Change (pp. 99–125). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429040573-7 DOI: https://doi.org/10.4324/9780429040573-7

Gunawan, E. (2021). RELEVANSI KONSEP NEGARA DALAM PEMIKIRAN AL-FARABI DI MASA INDONESIA SEKARANG. In Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) (Vol. 2, Issue 2, p. 88). Tanjungpura University. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i2.47791 DOI: https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i2.47791

Gusli, T., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Sistem Pendidikan Indonesia: Keterkaitan Dunia Sekolah dengan Dunia Kerja Sebuah Alternatif. In EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (Vol. 3, Issue 5, pp. 2539–2550). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.844 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.844

Hasta, A. A., & sabandi, ahmad. (2019). KONSEP DASAR SISTEM NFORMASI MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/ambsy DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/ambsy

Helpina. (2021). KONSEP PROFESI DAN ILMU PENDIDIKAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/s2fpz DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/s2fpz

Holimin, H., Dartono, D., & Prihantoro, D. (2021). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sistem Pertahanan Negara Melalui Pendidikan Bela Negara. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO) (Vol. 3, pp. 311–322). Akademi Angkatan Udara. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.148 DOI: https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.148

Jabbar, K. A. (2020). MANAJEMEN HUBUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI). In Tsaqafatuna (Vol. 2, Issue 1, pp. 28–43). STIT Buntet Pesantren. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.38 DOI: https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.38

junesty, hana. (2020). PENDIDIKAN BERKARAKTER SANGAT MENUNJANG DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/mc32h DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/mc32h

Laksana, B. K. C., & Agustina, L. K. (2022). Hollowness of Imagination: Common Sense and Democracy. In Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (Vol. 18, Issue 1, pp. 14–28). LPPM UNPAR. https://doi.org/10.26593/jihi.v18i1.5654.14-28 DOI: https://doi.org/10.26593/jihi.v18i1.5654.14-28

Leany, M. N., & Subaidi, S. (2021). Kapitalisme Pendidikan vs Salafisme Pendidikan dalam Menghidupkan Karakter Siswa. In EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (Vol. 4, Issue 1, pp. 648–657). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1837 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1837

Lewis, M. C. (2018). Educational Anthropology as a Resource for Teacher Educators. In Anthropology News (Vol. 59, Issue 5). Wiley. https://doi.org/10.1111/an.966 DOI: https://doi.org/10.1111/AN.966

Lidak, L. V. (2022). ANTHROPOLOGY AND HUMANIZATION OF EDUCATION. In Educational Dimension (Vol. 9, pp. 35–38). Kryvyi Rih State Pedagogical University. https://doi.org/10.31812/educdim.5297 DOI: https://doi.org/10.31812/educdim.5297

Marx, K. (2019a). Marx’s Economic Manuscript of 1867–68 (Excerpt). In Historical Materialism (Vol. 27, Issue 4, pp. 162–192). Brill. https://doi.org/10.1163/1569206x-27041855 DOI: https://doi.org/10.1163/1569206X-27041855

Marx, K. (2019b). The Materialistic Conception of History. In Power in Modern Societies (pp. 88–89). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429302824-10 DOI: https://doi.org/10.4324/9780429302824-10

McGregor, H. E., & Marker, M. (2018). Reciprocity in Indigenous Educational Research: Beyond Compensation, Towards Decolonizing. In Anthropology & Education Quarterly (Vol. 49, Issue 3, pp. 318–328). Wiley. https://doi.org/10.1111/aeq.12249 DOI: https://doi.org/10.1111/aeq.12249

Novad, D. P. (2019). Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/g64cd DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/g64cd

Nugraha, A. E. (2018). RELEVANSI KONSEPSI PENDIDIKAN HAMKA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN NILAI DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL . In NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 2, Issue 2, pp. 196–215). LPPM Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.160 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.160

Nurandriani, R., & Alghazal, S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. In Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (pp. 27–36). Universitas Islam Bandung (Unisba). https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731 DOI: https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731

Nurohman. (2020). KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA. In As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan (Vol. 9, Issue 1, pp. 41–60). Jurnal As-Salam, STAI Darussalam Lampung. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189 DOI: https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189

Putra, T. W. (2019). MANAJEMAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT. Hukum Ekonomi Syariah, Vol 2 No 2, 204. DOI: https://doi.org/10.30595/jhes.v2i2.5168

Putri Rizca Ayu, F. (2017). PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL. 2(1), 24–29. DOI: https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945

Rafika. (2020). Konsep Dasar, Proses dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/37ju5 DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/37ju5

Ramdoni, M., Suryana, A., & Ernawati, E. (2021). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Islam Menurut Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari. In Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management (Vol. 1, Issue 1, pp. 54–76). Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor. https://doi.org/10.47467/manageria.v1i1.271 DOI: https://doi.org/10.47467/manageria.v1i1.271

S, D. S., & sabandi, ahmad. (2019). KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENGARUHNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/6dpw8 DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/6dpw8

Sidqi, K. T. (2021). KOMPARASI PEMIKIRAN TAN MALAKA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KERAKYATAN DENGAN WAJAH PENDIDIKAN INDONESIA ERA MILENIAL. In Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas (Vol. 9, Issue 2, p. 172). Universitas Wahid Hasyim Semerang. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5189 DOI: https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5189

silvianti, S., & Afriansyah, H. (2020). konsep administrasi dan konsep pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/q8pxh DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/q8pxh

Widiastuti, T., Airlangga, U., Rosyidi, S., Airlangga, U., & Productive, Z. (2015). MODEL PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH LEMBAGA ZAKAT. Jebis, 1 No 1, 94.

Wood, B., Larasati, R. S., & Laksana, B. (2020). Rural Indonesian Youths’ Conceptions of Success. Victoria University of Wellington Library. https://doi.org/10.26686/wgtn.13385156.v1 DOI: https://doi.org/10.26686/wgtn.13385156

yulasri, ratih elvikha. (2019). Konsep Pendidikan Sebagai Suatu Sistem dan Komponen Sistem Pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/59e8y DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/59e8y

Published

2022-06-17

How to Cite

Nur, A. (2022). Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia: Sebuah Tinjauan Antropologi Pendidikan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 69–84. https://doi.org/10.55623/au.v3i1.94
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v3i1.94