Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak (Studi Survei di Sekolah SMK Muhammadiyah 6 Jakarta)

Authors

  • Ummu Sulaim Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimy Universitas Islam Jakarta
  • Nahuda Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i2.509

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua, seperti lemahnya pengawasan, minimnya komunikasi, dan keterlibatan dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, perhatian orang tua diharapkan mampu menjadi faktor pendukung utama dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang valid mengenai pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar anak di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik korelasional. Jumlah populasi berjumlah 300 namun sampel yang digunakan hanya sebanyak 90 orang. Pemilihan kelas XI sebagai sampel didasarkan pada pertimbangan bahwa siswa kelas X masih berada dalam tahap pengenalan dan adaptasi terhadap lingkungan sekolah, sehingga kemungkinan belum menunjukkan pola belajar yang stabil. Teknik pengambilan sampelnya yaitu pendidik dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian yaitu rxy didapatkan sebesar 0,355 yang terletak antara 0,20 - 0,40 berdasarkan pedoman, maka dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X dan variabel Y yaitu termasuk lemah/rendah. Hal ini disebabkan faktor-faktor lain di luar perhatian orang tua yang turut memengaruhi motivasi belajar anak, seperti lingkungan belajar yang sudah terbentuk dengan baik di rumah maupun di sekolah, sehingga anak-anak telah mampu menjalankan tanggung jawab belajar mereka secara mandiri tanpa harus selalu didorong oleh orang tua

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Edisi Revi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, Ki Hajar. (1977). Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1, 215.

Gunawan, Yusuf. 2001. Pengantar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Prenhallindo.

Hidayat, Rahmat, And Abdillah. 2019. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan : Sebuah Orientasi Baru. Ed. 1, Cet. Ed. Mahmud Ch. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008), hal.487

Rohmah, Noer. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

A’la, Rofiqul. 2016. “Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Madaniyah Vol. 2(11 Agustus): 249–68.

Dina Rahmadani, Fadhilla Yusri, And Elfithri Rahmadia. 2024. “Dampak P5p2ra Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Man 1 Solok Plus Keterampilan.” Journal Innovation In Education 2(1): 105–14.

Elvira, Neni Z, Dkk. 2022. “Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Jurnal Literasi Pendidikan 1(2): 350–59. Https://Journal.Citradharma.Org/Index.Php/Eductum/Indexdoi:Https://Doi.Org/10.56480/Eductum.V1i2.767%0ahttps://Creativecommons.Org/Licenses/By-Sa/4.0/.

Endriani, Ani. 2016. “Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Realita 1: 5–48.

Firdaus, Clarysya, Bunga Mauludyana, And Karunia Purwanti. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Di Sd Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang.” Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1): 43–52. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pensa.

Hartati, Fiitri. 2018. 6 Nucleic Acids Research “Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Konselor Untuk Mengembangkan Potensi Diri Siswa Dalam Belajar Di Kelas Xi Man 3 Medan.”

Husnatul, Jannah. 2012. “Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek.” Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek 1: 257–58.

Kunaenih, Kunaenih, Firdaus Firdaus, Salman Al Farisi, And Nidaul Hasanah. 2023. “Pengaruh Assestment Diagnostik Terhadap Motivasi Belajar (Studi Survei Di Sman 1 Pare, Kediri, Jawa Timur).” Jurnal Sains Dan Teknologi 5(1): 451–56.

Melianti, Eka, And Nahuda. 2024. “Kecerdasan Spiritual Anak ( Studi Survei Sma 1 Cawang Baru ).” 7.

Mulana, Muhammad Rifqi. 2018. Skripsi “Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Tpq Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara.”

Nagib, Muhammad, And Ishak Syairozi. 2024. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Tilawah Qur ’ An Peserta Didik Di Smkn 40 Jakarta Timur.” 07(01): 2069–81.

Nurmantyas, Muhfaris, And Sri Adi Widodo. 2018. “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Kemampuan Awal, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia: 673–80.

Rambe, Novani Maryam, Afiatin Nisa, And Ari Sapto Halasan Simanullang, Wahjoedi. 2015. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Ii(1): 118–38.

Roshonah, Adiyati Fathu. 2010. “Urgensi Program Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua Dengan Anak.” Research On Social Work Practice 20(5): 476–82.

Saputri, Ana, Fadhilaturrahmi, And Mohammad Fauziddin. 2022. “Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mimbar Pgsd Undiksha 10(3): 455–62.

Veronica, Cindy, And Mugiyono. 2024. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Survey Smk Daarul Uluum Jakarta).” Al Marhalah 8(2). Http://117.74.115.107/Index.Php/Jemasi/Article/View/537.

Yogi Fernando, Popi Andriani, And Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Alfihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2(3): 61–68.

Yuningsih, Ratna. 2022. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu.”

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Ummu Sulaim, Firdaus Suhaimy, & Nahuda. (2025). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak (Studi Survei di Sekolah SMK Muhammadiyah 6 Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 65–73. https://doi.org/10.55623/au.v6i2.509