Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Akbar Maulana Universitas Islam Jakarta
  • Suprapto Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.319

Keywords:

Kompetensi guru, karakter peserta didik

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menurunnya motivasi belajar peserta didik sebab oleh faktor minimnya berinteraksi sosial ditambah proses interaksi sosial antara pendidik terhadap peserta didik yang kurang interaktif dan komunikatif saat pembelajaran luring mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengukur pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI serta menganalisa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar melalui interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan intrumen kuisioner yang di sebar pada 41 sampel dari total 460 populasi kelas XI-IPA 1 dan XI-IPA 2 di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta. Adapun intrumen kuisioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negatif pada variable X dan Variabel Y. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh peran pendidik terhadap motivasi belajar peserta didik, dilihat dari uji koefisien product moment mengahsilkan “Rˣʸ” atau “R˳” sebesar 0,660, dan koefisien determinasi dengan nilai 0,436, hasil tersebut lebih besar dari “r˕” pada taraf signifikan 5% sebesar 0,308 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,398. Dengan demikian hipotesis alternatif (Hₐ) diterima atau di setujui sedangkan hipotesis nihil (H˳) tidak diterima atau tidak di setujui. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat/tinggi dari pengaruh interaksi sosial terhadap karakter peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan nilai 0,660 atau 66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ain, S. M. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar . Baricedu , 4045-4052.

Andi Sopiandi. (2019). pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian . SCIENTIFIC, 4.

Anggun Rahmawati, C. Indah Nartani. (2018). kompetensi sosial guru dalam berkomunikasi secara efektif. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2.

Arifin, B. D. (2020). Analisis kompentensi profesional guru . Journal of Educational manegement , 122-130.

Asmuddin, S. a. (2022). Pembentukan karakter anak usia dini . Jurnal pendidikan anak usia dini , 2929-2935.

Aulia Akbar. (2021). Pentingnya kompetensi paedagogik guru . Jurnal Pendidikan Guru, 5.

Budi, F. (2020 ). Pendidikan Karakter dan nilai kedisiplinan . Elementaria Edukasia , 78-81.

Dewi Yulmasita Bagou, Arifin Suking. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura , 2.

Dewi, A. E. (2021). pendidikan karakter peserta didik . pendidikan kewarganegaraan , 291-304.

Didik A. (2023). Pengertian Karakteristik peserta . PSIKOLOGI PENDIDIKAN , 123 .

Dole, F. E. (2021 ). Pengaruh pendidikan karakter terhadap kedisiplinan . Jurnal Ilmu pendidikan , 3675-3688.

Eni, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan keria sama peserta didik . Jurnal Echi Research , 23-29.

Eni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik . Jurnal Edu Research , 23-29.

Fatimah, t. (2020). Kompentensi guru bahasa arab dalam mengimpletasikan . Pendidikan dan pembelajran , 33-40.

Fauziah Siti Bustani dan Fitri Nur Mahmudah . (2020). Strategi pembiasaan karakter bagi peserta didik . JMKSP Kepemimpinan dan supervisi pendidikan , 21-30.

Febriyanni Rani, S. W. (2021). Peningkatan kompentensi guru . Pengandian pada Masyarakat , 119-129.

Handoko, R. A. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatan komunikasi . Pendidikan Matematika , 521-532.

Hendra, K. (2021). Kepemimpinan dalam pendidikan Islam . Proceedings , 1-20.

Indriawati Prita . (2022). Kinerja Guru dalam mutu pendidikan . Pendidikan Dan Penelitian JPPP 3 3 , 204-215.

Iswadi. (2019). Kompetensi profesional guru. Kompetensi profesional guru, 21.

Junaidi, A. B. (2021). Kompentensi guru dalampenyusunan Instnimen . Riset dan inovasi pembelajaran , 11-22.

Kartini, I. F. (2020). Pengaruh kompentensi profesional guru . Pendidikan ekonomi ilmia pendidikan , 253-255.

Mazrur. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Kontribusi siswa , 281-287.

Mulyasa. (2019). SHEs: Conference Series 4 . kompentensi standar profesi guru , 4.

Myori Dwiprima . (2019 ). Peningkatan Kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi . Teknik Elektro Dan Vokasional , 102-109.

Nadar, W. Y. (2021). Peningkatan kualitas kompentensi guru . Abdimas Prakasa Dakara , 38-45.

Nahdini, Putri . (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter . Pendidikan dan Konseling (JPDK), 307-317.

Napratilora Martina, M. a. (2021). Peran guru sebagai teladan dalam Imnlementasi nilai pendidikan karakter . Al-Liao jurnal pendidikan islam , 34-47.

Nengrium, T. A. (2021). kelebihan dan kekurangan pembelajaran . Jurnal pendidikan , 1-12.

Nengrum, T. A. (2021). kelebihan dan kekurangan pembelajaran . Jurnal pendidikan , 1-12.

Ningrum . (2020). Pengembangan karakter religius peserta didik melalui pembelajaran . Inovasi pendidikan kimia , 2490-2497.

Nur, Hasan M. and Nurul Fatonah . (2022). Paradigma Kompetensi guru . PGSD Uniga , 12-16.

Nurani, R. Z. (2022). Analisis karakter tasnggung jawab siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring . Cakrawala , 217-228.

Pak Khoiron Irfan, S.Ag. (2023). Pendikan agama islam tentang karakter . Pendidikan , 12-15.

Profesor Fadli Handoko. (2023, 2 Selasa). Retrieved from perpusteknik.com: https://perpusteknik.com/indikator-profesionalisme-guru-menurut-para-ahli/

Rifky, R. (2020). Strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik di sekolah dasar . Edukati jurnal Ilmu pendidikan , 85-92.

Rizky, B. (2022). Strategi guru dalam pembentukan karakter . Universitas islam negri sultan syarif kasim riau , 23-30.

Rudy, I. (2021 ). Perkembangan peserta didik . jurnal peserta didik , 22-38.

Rusman, A. a. (2020). Pengembangan kompentensi guru . Classromm action Researeh, 39-50.

Sahputra, N. D. (2019). Tanggung jawab pendidikan menurut Al qur an . Penelitian Ilmu-ilmu sosial dan keislaman , 25-38.

Saiful. (2021 ). Peningkatan kompentensi guru . kompentensi guru , 34-47.

Sakiyati, A. K. (2019). Kantin ke jujuran sebagai upaya dalam pembentukan karakter . Al-Qalam jurnal Ilmiah keagamaan dan kemasyarakatan , 21-32.

Samrin, S. (2021). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter pada peserta didik . Shaytut tarbiyah , 77-98.

Santika, A. I. (2023). Implementasi inovasi pendidikan . Studi Islam MULTISIPLIN , 38-56.

Setiyo, N. L. (2020 ). Pembangunan karakter religius peserta didik . Jurnal Inovasi pendidikan Kimia , 2490-2497.

Syafi'l. (2023). Pembentukan karakter peserta didik . 34-45.

Thoyyibah. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal. Pendidikan dan konseling , 516-522.

Thoyyibah. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal. Pendidikan dan konseling, 516-522.

Zahwa, Y. D. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa . Fondatia , 41-47.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Akbar Maulana, & Suprapto. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 207–217. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.319
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.319