Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Proses Pembelajaran (Studi Survei di SMK Nurul Iman Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v5i2.347Keywords:
kompetensi guru; hasil pembelajaranAbstract
Kompetensi guru terhadap keberhasilan proses pembelajaran di siswa SMK Nurul Iman Jakarta sangat berpengaruh adalah tujuan penelitian ini. Dikatakan berpengaruh karena hasil yang di dapat kuat atau tinggi yaitu 0,70 – 0.90. Penelitian ini menggunakan korelasi kuantitatif. Teknik metodologi penelitian menggunakan simple random sampling, menggunakan teknik probability sampling, dari 254 siswa menjadi 106 siswa dari SMK Nurul Iman Jakarta. sedangkan untuk analisis menggunakan metode korelasi product moment. Uji koefisien product moment menghasilkan 'rxy' atau 'ro' sebesar 85,4% , dengan 'rt' sebesar 16.772 atau positif dengan taraf signifikasi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini Hipotesis Nol (Ho) menolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) menerima.
Downloads
References
Adnan, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 1 Kabupaten Bataeng. Uniiversitas Negeri Makassar, 7(2), 1–28. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12874
Agung, I. (2014). Kajian Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Sosial (Effect of Personality Competence and Social). Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 83–92.
Fadhila, A. (2017). Pengelolaan Kelas Pada..., Annisa Fadhila, Fakultas Agama Islam UMP, 2017. Jurnal Penelitian, 5–35. https://repository.ump.ac.id/4051/3/ANNISA FADHILA BAB II.pdf
Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.56
Falah, A. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195.
Hadi, I. A. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi, 4(2), 190–191.
Hikmah, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.17509/jurnal
Idris Dosen Tarbiyah STAI Luqman Al Hakim Surabaya, M. (n.d.). Standar Kompetensi Guru Profesional. Standar Kompetensi Guru Profesional, 41.
Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Mudarrisuna, 4, 704–719. https://www.unimed.ac.id/2020/05/19/mengkaji-pandemi-covid-19-dari-kacamata-antropologi/
Muhtya, R. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Teknik Vokal) Melalui Metode Pendekatan Saintifik di Kelas VII.3 SMPN 20 Pekanbaru T.A 2017/2018. 1–23. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4968
Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58
Nurlaila, N. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 557. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2681
Rasyid, A. (2019). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 17 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2333
Suwarni, D. I., Kurniasih, S., & Rostikawati, R. T. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write ( TTW ) dan Demonstrasi Reciprocal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor Universitas Pakuan , Jln Pakuan Po Box 452 Bogor Proses pembelajaran dikataka. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(8), 90–95.
Turibius Rahmat, S., & Alviani Sum, T. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123.
Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535
Yunuka. (2016). Pemahaman Konsep. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andini Rahmawati, Syahrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.