Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Perilaku Remaja di Kayu Tinggi RT 04/ RW 03 Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v4i2.239Keywords:
Game Online, Perubahan Perilaku RemajaAbstract
Tujuan penelitian yang diteliti adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisa apakah terdapat pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja, untuk mengukur seberapa besar pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja, dan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana Strategi yang bagus dalam pemilihan pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik kolerasional. Hasil penelitian ini adalah pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja. Apabila diliat rxy yang diperoleh yaitu 0,614 ternyata terletak antara 0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X (Pengaruh Game Online) dan variabel Y (Perubahan Perilaku Remaja) adalah korelasi yang tergolong sedang atau cukupan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Game online memang hiburan yang sangat menyenangkan untuk remaja namun bermain game online tetap butuh pengawasan dari orang tua agar remaja mampu memanage waktu bermain game nya dengan baik. Sehingga bermain game memang hanya sebagai salah satu alternatif serta sarana ketika anak jenuh.
Downloads
References
Amanda, Rika Agustina. "Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda." EJournal Ilmu Komunikasi 4.3 (2016): 290-304.
Anda Juanda, A. J. "Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research." (2016).
Aziz, Abdul. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online (mobile legend & pubg mobile) Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Nahdlatul Saufiah Desa Wanasaba. Diss. UIN Mataram, 2022.
Bungin, Burhan. 2005. Metedologi Penelitian. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Devi, Sri Devi. Persepsi Guru Terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Di Smp Negeri 6 Palopo. Diss. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo, 2022.
Fahmi, D. PERSEPSI: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Anak Hebat Indonesia. (2020).
Febriandari, Dona, Fathra Annis Nauli, and Siti Rahmalia Hd. "Hubungan kecanduan bermain game online terhadap identitas diri remaja." Jurnal Keperawatan Jiwa 4.1 (2016): 50-56.
Fitra, Maydil, And Daska Azis. "Pemahaman Dan Perilaku Mahasiswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Kampus Politeknik Aceh Selatan." Jurnal Pendidikan Geosfer 5.1 (2020).
Imandestario Dwi Armando, Imandestario Dwi Armando. Dampak Game Online Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma N 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021-2022. Diss. Universitas Batanghari, 2021.
Irawan, Sapto. "Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik." Jurnal Konseling Gusjigang 7.1 (2021).
Isnaini, Nur. 2019 "PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA." Jakarta
Kustiawan, Andri Arif, et al. Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Cv. Ae Media Grafika, 2019.
Lerianza, Bio, et al. "Intensitas Bermain Game Online dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran." Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 9.1 (2020): 95-102. DOI: https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.222
Masya, Hardiyansyah, and Dian Adi Candra. "Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016." Konseli: jurnal bimbingan dan konseling (e-journal) 3.2 (2016): 103-118. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.575
Novrialdy, Eryzal. "Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan Pencegahannya." Buletin psikologi 27.2 (2019): 148-158. DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Nurhadi, Zikri Fachrul. "Model komunikasi sosial remaja melalui media twitter." Jurnal Aspikom 3.3 (2017): 539-549. DOI: https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154
Nurmalasari, Yuli. "Indikator Dominan pada Perilaku Kompulsif Remaja dalam Mengakses Internet." Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 9.1 (2020): 46-51.
Pande, N. P. A. M., and Adijanti Marheni. "Hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kuta." Jurnal Psikologi Udayana 2.2 (2015): 163-171. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2015.v02.i02.p05
Purnama, Fitri Hajar, and Santoso Tri Raharjo. "Peran sekolah dan perilaku remaja." Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 5.3 (2018): 205-213. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i3.18631
Raihan. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta (2017)
Rahayu, Dina Putri. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi Kelas XI Smk Sunan ampel menganti. 2018. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Rifqa, Zakiyan, et al. Pemahaman Pemain Game Online Higgs Domino Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah Terhadap Ayat-Ayat Tentang Judi. 2022. PhD Thesis. UIN Ar-Raniry.
Sari, Irma Mustika, and Eska Dwi Prajayanti. "Peningkatan Pengetahuan Siswa SMP Tentang Dampak Negatif Game Online Bagi Kesehatan." GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2 (2017): 31-39. DOI: https://doi.org/10.30787/gemassika.v1i1.216
Sitanggang, Peggy. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV Sd Negeri 122350 Jl. Sutomo Kota Pematangsiantar Kecamatan Siantar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Diss. Universitas Quality, 2019.
Suplig, Maurice Andrew. "Pengaruh kecanduan game online siswa SMA kelas X terhadap kecerdasan sosial sekolah kristen swasta di Makassar." Jurnal jaffray 15.2 (2017): 177-200. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261
Sumara, Dadan Sumara, Sahadi Humaedi, and Meilanny Budiarti Santoso. "Kenakalan remaja dan penanganannya." Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4.2 (2017). DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
Suryanto, Rahmad Nico. "“Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online Dikalangan Pelajar”." Jom Fisip 2.2 (2015).
Syahran, Ridwan. "Ketergantungan online game dan penanganannya." Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling 1.1 (2015). DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537
Ulfa, M., & Risdayati, R. (2017). Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku remaja di mabes game center jalan hr. subrantas kecamatan tampan pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Yudhistya, Ninoy. Metode Penelitian. Hal : 19
Sofan Amri, lif Khoiru Ahmadi. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam
Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2010.
Arief, Afrini. Agar Anak Mampu Menyelesaikan Masalah (Strategi Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing, Surabaya: Pustaka Media Guru, 2017.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Sylvia, Dewi. "Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka
dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran SAINS". Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 01 (2) (2016): 179-186.
Purwati, Arlin Sri. Bahan Ajar Inkuiri, Kebumen: Intishar Publishing, 2019.
Ngalimun. Strategi Pendidikan, Parama Ilmu, 2017.
Sugianto, Irfan. "Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian
Belajar Siswa Di Rumah". Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 3, Agustus 2020: 159-170. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suprapto, Avida Rizka Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.