Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri 6 Jakarta

Authors

  • Fahri Fadli Muhammad Universitas Islam Jakarta
  • Suprapto Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.318

Keywords:

Strategi guru PAI, Nilai-nilai Akhlak, Peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengenai strategi yang diterapkan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak peserta didik di MTs Negeri 6 jakarta dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak peserta didik di Mts Negeri 6 jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pengamatan wawancara, dan penelaan dokumen. Penelitian ini memakai analisis data melalui  proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati tentang kehidupan seseorang, cerita, perilaku, dan juga tentang fungsi organisasi, gerakan sosial atau hubungan timbal balik. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada apa yang terjadi tanpa adanya rekayasa yang nantinya memudarkan hasil penelitian sebagaimana yang terjadi lapangan. Sumber data yang diperoleh peneliti melalui penelitian lapangan. Sumber data yang didapat menggambarkan realita sosial yang berupa kata-kata yang nantinya dapat didapat dari hasil pengamatan dan wawancara serta gambar-gambar yang menjadi dokumentasi atau studi dokumentasi yang bukan berupa angka-angka. Hasil penelitian ini adalah bahwa Strategi guru yang dilakukan dalam penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik di MTs yaitu adanya pembelajran tentang akhlak di dalam ruang kelas, pendidik menjadikan dirinya sebagai teladan atau contoh. Adanya pembelajaran di luar pembelajaran formal. Adanya pembatasan sanksi, faktor pergaulan peserta didik, faktor orang tua, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya pendidik yang membina peserta didik dan belum serentaknya pendidik dalam penanaman nilai-nilai akhlak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, W. (2017). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–59.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Idayanti, N., & Klulailiyah, A. (2022). Strategi Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Di Mts Midanutta ’ Lim Mayangan Jogoroto Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(2), 173–183.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 199–214.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Fahri Fadli Muhammad, & Suprapto. (2024). Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri 6 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 218–224. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.318
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.318