Pertimbangan Sosiologis dalam Penegakkan dan Pengamalan Hukum Islam di Indonesia

Authors

  • Try Sa’adurrahman HM. Kafrawi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Misbahuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Kurniati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i2.326

Keywords:

Sosiologis Hukum, Penegakkan Hukum, Pemberlakuan Hukum

Abstract

Tujuan dan manfaat penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan hukum Islam di Indonesia yang berlaku berdasarkan tinjauan sosiologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sosiologi hukum Islam, pemberlakuan hukum Islam di Indonesia, serta penghambat penegakkan dan penerapannya. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data dengan cara mempelajari, menelaah, dan meneliti dari buku-buku literatur yang permasalahannya akan diteliti. Hasil penelitian bahwa sosiologi hukum Islam adalah sosologi hukum Islam adalah hubungan timbal balik antara hukum Islam pola perilaku masayarakat dimana sosiologi merupakan salah satu pendekatan dalam memahaminya. Pemberlakuan hukum Islam di Indonesia bersamaan dengan masuknya Islam di Indonesia, sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan sifatnya majemuk. Hal ini dikarenakan pengaruh agama hindu dan budha. Dalam pembangunan hukum Nasional Indonesia, hukum Islam menjadi dasar yang paling dominan, Dimana hukum Islam sangat berperan dalam membentuk perilaku manusia Indonesia. Oleh karena itu, hukum Islam menjadi unsur mutlak bagi pembangunan hukum nasional Indonesia. Penegakan dan penerapan hukum Islam memiliki banyak hambatan-hambatan sehingga hukum Islam terkesan sangat lambat khususnya dalam bidang hukum jinayat (hukum pidana Islam).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizy, A. Qodri. Hukum Nasional Eklektisisme Hukum Islam dan Hukum Umum, Jakarta: Teraju PT. Mizan Publika, 2004.

Arsyam, M. (2021). Iman kepada Allah (proses munculnya iman sad, dzan dan ilmu).

Barakatullah, Abd. Halim dan Teguh Prasetyo. Hukum Islam Menjawab Tantangan Zaman Yang Terus Berkembang, Cet.I, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2006. Fajar, A. Malik. “Potret Hukum Pidana Islam; Deskripsi, Analisis Perbandingan dan Kritik Konstruktif”. Dalam Jaenal Aripin dan M. Arskal Salim GP (Ed.) Pidana Islam di Indonesia: Peluang, Prospek, dan Tantangan. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

Hanafi, Hassan. Perlunya Oksidentalisme, Jakarta: Ulumul Quran, 1994.

Ichtiyanto, “Pengembangan Teori Berlakunya Hukum Islam di Indonesia,” dalam Juhaya S. Praja, Hukum Islam di Indonesia Perkembangan dan Pembentukan, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 1991.

J. Dwi Narwoko-Bagong Suyanto (ed.), Sosiologi Teks Pengantar & Terapan, cet. 3, Jakarta: Kencana, 2007.

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online https://kbbi.web.id/sosiologi Khaldūn, Ibn. Al-Muqaddimah, Kairo: Dār al-Fajr Wa al-Turāṡ, 2004.

Manan, H. Teuku Abdul. Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam Politik Hukum Nasional. Cet. I; Jakarta: Prenamedia, 2018.

Marzuki, Prospek Pemberlakuan Hukum Pidana Islam di Indonesia, http://eprints.uny.ac.id/2608/1/2._Prospek_Pemberlakuan_Hukum_Pidana Islam_di_Indonesia.pd f, h. 10 diakses 10/11/2022.

Massadi, Peluang Dan Tantangan Pelaksanaan Pidana Islam Di Indonesia, Al- BayyinaH Jurnal of Islamic Law/ Jurnal Hukum Islam, ISSN: 1979-7486 (p); 2580-5088(e) Vol. 3 No. 2. p. 252-268.

Maula, Bani Syarif. Sosiologi Hukum Islam di Indonesia: Studi tentang Realita Hukum Islam dalam Konfigurasi Sosial dan Politik, Malang: Aditya Media Publishing, 2010.

Praja, Juhaya S. Hukum Islam di Indonesia, Pemikiran dan Praktik, Cet. I; Bandung: Rosda karya, 1991.

Rosyadi, A. Rahmat dan M. Rais Ahmad, Formalisasi Syariat Islam dalam Perspektif Tata Hukum Indonesia, Cet. I; Bogor: Ghalia Indonesia, 2006. Santoso, Topo. Membumikan Hukum Pidana Islam: Penegakan Syariat dalam Wacana dan Agenda, Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Rusli, M., Kara, A., & Zakirah, Z. (2022). Career Women in Maslahah Mursalah Perspective. Jurnal Adabiyah, 22(2), 220-235.

Schacht, Joseph. AnIntroduction To Islamic Law, London: Oxford University Press, 1965.

Sainuddin, I. H., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Pemahaman Makna Tauhid dan Dua Kalimat Syahadat.

Sudarsono, Agus dan Agustina Tri Wijayanti, Pengantar Sosiologi, Yogyakarta; UNY Press, 2016.

Syariati, Ali. Tentang Sosiologi Islam terj. Syaifullah Mahyuddin, Yogyakarta: Ananda, 1998.

Syaukani, Imam. Rekonstruksi Epistemologi Hukum Islam Indonesia dan Relevansinya Bagi Pembangunan Hukum Nasional, Cet. I, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2006.

Syawqi, Abdul Haq. Sosiologi Hukum Islam, Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.

Yusnto, M. Isman. Menuju Penerapan Syariah; Di antara Peluang dan Tantangan (Suara Hizbut Tahrir Indonesia, dalam Masykuri Abdillah, at. al., Formalisasi Syari’at Islam di Indonesia; Sebuah PergulatanYang Tak Pernah Tuntas, Cet. I; Jakarta: Renaisan, 2005.

Zakirah, Z. (2020). FIQIH CINTA (Cara Bijak Hukum Islam Menyemai Cinta dan Membina Keluarga). OSF Preprints. September, 28.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

HM. Kafrawi, T. S., Misbahuddin, & Kurniati. (2024). Pertimbangan Sosiologis dalam Penegakkan dan Pengamalan Hukum Islam di Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 25–33. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.326

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i2.326