Problematika Pemberlakuan Hukum Islam di Negara Nomokrasi Indonesia

Authors

  • Muhammad Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Kurniati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Marilang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i2.342

Keywords:

Teori, Pemberlakuan, hukum Islam, Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana teori pemberlakuan hukum Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, yaitu dengan mencari dan mengumpulkan data dari perpustakaan seperti buku-buku sejarah. Hasil penelitian ini adalah sejarah hukum Islam di Indonesia diawali dengan masuknya Islam ke Indonesia yang dibawa para ulama yang kemudian masuk kepada wilayah kerajaan. Tantangan berlakunya hukum Islam di Indonesia adalah belum ditransformasinya hukum Islam ke dalam hukum nasional, tantangan politik, tantangan kultural, tantangan sosial. Solusi dalam penerapan hukum Islam di Inonesia adalah transformasi hukum Islam ke dalam hukum nasional, Adaptasi hukum Islam dan hukum nasional serta budaya masyarakat yang perlu menerapkan hukum Islam dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harfin Zuhdi Muhamad, Fundamentalisme Dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Al-Qur’an Dan Hadis, Jurnal Religia ,vol. 13, no. 1 (Oktober, 2017).

Herawati Andi, Kompilasi Hukum Islam Sebagai Hasil Ijtihad Ulama Indonesia, Jurnal Studi Islamika, vol. 8, no. 2 (December 17, 2011).

Ibnu Sholeh Muh, Relevansi Tantangan dan Implementasi Hukum Islam dalam Konteks Sosial Masyarakat Modern, Jurnal As-Salam (2023).

Imran Hendrik, Kurniati, Ajub Ishak, Perjumpaan Hukum Islam dan Hukum Progresif di Indonesia: Sebuah Telaah Konseptual, Jurnal Al-Hinayah, vol. 5, no. 1 (2021).

Jamaluddin, Misbahuddin, kurniati, Peran Organisasi Islam di Indonesia dalam Pengembangan dan Penegakan Hukum Islam, Jurnal Bustanul Fuqaha, vol. 3, no. 2 (2022).

Kurniati, Perkembangan Sosial Politik dalam Tatanan Pembentukan Hukum Islam, Jurnal Al-Fikr, vol. 17, no. 1 (2013).

Kurniati, Perkembangan Sosial Politik dalam Tatanan Pembentukan Hukum Islam, Jurnal Al-Fikr, vol. 17, no. 1 (2013).

Kurniawan Budi Wibowo Muhammad, Ruang Lingkup Hukum Islam, Jurnal Mamba’ul Ulum, vol. 17, no. 2 (Oktober 2021).

Khisni, Transformasi Hukum Islam Ke dalam hukum Nasional (Unissula: Press, 2011).

Khaera Nur, Abdul Rahman, Kurniati, Paradigma Produk Hukum Islam di Indonesia, Jurnal Perbandingan Madhlab, vol. 4, no. 1 (Juni 2022).

M. Rezki Darma Andi, Misbahuddin, Kurniati, Konsep Hukum Islam dalam Mewujudkan Stabilitas dna perubahan dalam Masyarakat, Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 2, no. 1 (Januari 2023).

M. Rezki Darma A., Misbahuddin, Kurniati, Konsep Hukum Islam dalam Mewujudkan Stabilitas dan Perubahan dalam Masyarakat, Jurnal Pengabdian Mandiri.

Mathar Ahmad, Hardianti, Kurniati, Misbahuddin, Implementasi Pemikiran Hukum Islam diIndonesia, Jurnal Ilmu Sosial, vol. 3, no. 4 (2022).

Rohidin, Pengantar Hukum Islam (Lintang Rasi Aksara Books, 2016).

Soeparmono, Abd Rahman R, Kurniati, Perkembangan Hukum Islam Sejak Masa Kerajaan Islam di Indonesia Hingga Era Reformasi, Jurnal Hukum Pidana Islam, vol. 4, no. 2 (2024).

Soeparmono, Abd Rahman R, Kurniati, Perkembangan Hukum Islam Sejak Masa Kerajaan Islam di Indonesia Hingga Era Reformasi.

Soeparmono, Abdul Rahman R, Kurniati, Perkembangan Hukum Islam Sejak Masa Kerajaan Islam Indonesia Hingga Era Reformasi.

Sari Milya, Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA.

Shomad Abd, Hukum Islam Penormaan Prinsip Syariah Dalam Hukum Di Indonesia (Jakarta: Kencana, 2010).

Taufik Sanusi Nur, Abd Syatar, Kurniati, Political Configuration Of Islamic Law In Legal Develoment In Indonesia, Revista Relacoes Internacional Do Mundo Atual, vol. 4, no. 42 (2023).

Taufik Sanusi Nur, Abdul Syatar, Kurniati, Konfigurasi Politik Hukum Islam dalam Pembangunan Hukum di Indonesia, l Relacoes Internacionais No Mundo Atual.

Taufan Djafri M., Kurniati, Misbahuddin, Pertimbangan Sosiologis Penegakan dan Pengamalan Hukum Islam di Indonesia, Jurnal Bustanul Fuqaha, vol. 3, no. 3 (2022).

Widjaja Abdi, Sejarah Kedudukan Hukum Islam dalam Konstitusi-Konstitusi Indonesia, Jurnal al-Daulah, vol. 7, no. 2 (2018).

Widjaja Abdi, Sejarah Kedudukan Hukum Islam dalam Konstitusi-Konstitusi Indonesia, Jurnal al-Daulah.

Zulfikar Hafizd Jefik, Sejarah Hukum Islam Indonesia Dari Masa Kerajaan Islam Sampai Indonesia Modern, Jurnal Tamaddun, vol. 9, no. 1 (Juli 2021).

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Muhammad Tahir, Kurniati, & Marilang. (2024). Problematika Pemberlakuan Hukum Islam di Negara Nomokrasi Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 142–157. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.342

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i2.342