Penerapan Sistem Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v4i1.201Keywords:
Sistem, Teknologi, PembelajaranAbstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan sistem teknologi pembelajaran dalam pendidikan Nasional melalui pendekatan secara universal dan sistematis dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan grounded theory, yang mana peneliti bisa menarik generalisasi apa yang diamati/dianalisis secara induktif berdasarkan interaksi dan pandangan partisipan yang diteliti. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa Teknologi pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan integratif yang meliputi manusia, alat dan sistem termasuk di antaranya gagasan, prosedur dan organisasi. Dari waktu ke waktu teknologi pembelajaran mengalami proses sehingga bermetamorfosa menuju penyempurnaan. Yang semula hanya dipandang sebagai alat ke sistem yang lebih luas, dari hanya berorientasi pada praktek menuju ke teori dan praktek, dari produk menuju ke proses dan produk, dan akhirnya melalui perjalanan evolusionernya saat ini teknologi pembelajaran telah menjadi alat atau media yang dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh tenaga pendidik dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.
Downloads
References
Aditiawan, F. P., & Soedarto, T. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM SISTEM INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BELA NEGARA BERBASIS ANDROID. In SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 16, Issue 3). University of Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. https://doi.org/10.33005/scan.v16i3.2866 DOI: https://doi.org/10.33005/scan.v16i3.2866
Aisyah, Sitti, dkk., “Peranan Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Manado”, Jurnal “e-journal “Acta Diurna” Volume IV No. 4 Tahun 2015.
Arif, Khusnan. Teknologi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Dalam Paradigma Konstruktivistik. “Jurnal Fikroh”. Vol 4 No. 2 Januari 2011. DOI: https://doi.org/10.37812/fikroh.v4i2.18
Arsyam, Muhammad, and M. Yusuf Tahir. "Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif." Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2.1 (2021): 37-47. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Arsyam, Muhammad. Pengaruh Kemampuan Supervisional Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Makassar. Diss. Pascasarjana, 2015.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Edisi 1; Cet. 3; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
______.,Teknologi Pembelajaran Agama. Cet. I; Makassar: Alauddin University Pess, 2013.
Asmani, Jamal Ma’mur. Teknologi Informasi dan Komuikasi dalam Pendidikan. Cet. I; Jogjakarta: Diva Press, 2011.
B. Uno, Hamzah. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Edisi 1; Cet. XI; Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Burton, John & Locke, Barbara. “Building equity through learning: Instructional Technology for rural community development”. International Journal of Educational Technology. July, 2000, Vol. 2.
Diakses dari https://compaq40.wordpress.com/2009/07/11/berbagai-kerusakan-di- muka-bumi, tanggal 7 Februari 2019.
Diakses dari https://compaq40.wordpress.com/2009/07/11/berbagai-kerusakan-di- muka-bumi, tanggal 7 Februari 2019.
Echos, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. Cet. XXIII; Jakarta: Gramedia, 1996.
Gagne, R.M., Principle of Instructional Design. New York: Hall Rinehant and Winston, 1985.
Gerlach, S. Vernon & Donald P. Ely, Teaching and Media a Systematic Approach. Prentice-Hall, Inc, New Jersey, 1979.
Haddade, H., Nur, A., Rasyid, M. N. A., & R, A. R. (2023). Reinforcing Quality of Higher Education in Digital Era : An Anthropology of Education Study About Strategy and Innovation of Development in Adab and Humanities Faculty , State Islamic University of Makassar. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_30
Hamalik. Oemar. Media Pendidikan. Bandung: Alumni, 1982.
________.,Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Cet. I; Bandung: Sinar Baru Offset, 1991.
http://www.umdnj.edu/ids web/idst5330/instructional_ media.htm Diakses Tanggal 13 Pebruari 2019.
Kementerian Agama RI., al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra, 2002.
Klassen, J. & Drummond, D, “Human resource skills: Learning through an interactive multimedia business simulation”. International journal of educational technology (IJET). July, Vol. 2 No. 1, 2000.
Marlina, M. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA MATERI PERANCANGAN TERSTRUKTUR BERBASIS TEKNOLOGI KOMPUTER. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2). Universitas Indraprasta PGRI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.63 DOI: https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.63
Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2005.
Molinda, Michael. Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey Colombus, Ohio, 2005.
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2008.
Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Edisi 1; Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial …. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/109 DOI: https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.109
Pakpahan, Rogers. Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Edisi Revisi, Jakarta: Balitbang, 2016. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i1.225
Prawiradilaga, Dewi Salma. Wawasan Teknologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012. Purwanto, Jejak Langkah Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Pustekkom-Depdiknas, 2005.
Rahadi. Aristo. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Raharjo, Budi. Teknologi dan Teknik, dalam, Internet Br. School (of Thought) diakses tanggal 2 Nopember 2018. Br. School (of Thought).
Randa, Musytari, and Muhammad Arsyam. "Transformation of Islamic Religious Education in the Revolution 4.0 Era." International Journal of Science and Society 4.4 (2022): 676-686. DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i4.616
Rita, Barbara B. Richey. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington: Association for Educational Communication and Technology, 1994.
Ramadani, L. (2021). Penerapan Etik dalam Penelitian Sistem Informasi: Review dan Rekomendasi. In Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–7). Universitas Andalas. https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.1-7 DOI: https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v7i1.2021.1-7
Rojiati, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi bagi Siswa SMA Negeri 2 Labuapi. In Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran (Vol. 5, Issue 2, p. 150). LPPM IKIP Mataram. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3063 DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i2.3063
Sadiman, Arief S., et. al., Media Pendidikan: Pengertian, Pemanfaatan, dan Pengembangannya. Jakarta: Rajawali, 1996.
Sudjana, Nana. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif dan R&D. Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2009.
Suhariyanto, Panduan Proses Pembelajaran. Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta : AV Publisher, 2009.
Swandi, D. R., & Barusman, A. F. (2022). PENERAPAN SISTEM KLIRING NASIONAL BANK INDONESIA (SKNBI) DALAM RANGKA EFEKTIVITAS SISTEM PEMBAYARAN. In SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan (Vol. 1, Issue 7, pp. 1089–1104). CV. Radja Publika. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.124 DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.124
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III; Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Yunus, M., & Wedi, A. (2019). KONSEP DAN PENERAPAN PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT DALAM KELUARGA. In JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran (Vol. 5, Issue 1, pp. 31–37). State University of Malang (UM). https://doi.org/10.17977/um031v5i12018p031 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v5i12018p031
Januszewski, Alan & Molenda, Michael. Education Technology: A Definition with Commentary. Newyork: Taylor & Francis Group. 2008
Tuti adriani, media komunikasi ilmu-ilmu sosial dan budaya vol.12,No 1, 2015
Dwi priyanto, peranan teknologi pembelajaran dalam memecahkan masalah strategi pembelajaran, vol 11, No.1, 2006, DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.91
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ali Akbar, Abdul Wahid, Syamsul Bahri, Ahlun Ansar, Askar Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.