Pengaruh Authentic Assessment terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Survei di SMKN 7 Jakarta)

Authors

  • Astrit Andini Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v5i1.329

Keywords:

Authentic assessment, Hasil belajar

Abstract

Memperoleh informasi yang dapat dipercaya, akurat, dan benar tentang bagaimana penilaian autentik mempengaruhi prestasi akademik siswa di SMK Negeri 7 Jakarta adalah tujuan dari proyek ini. Bisa dikatakan bahwa tingkat pengaruhnya sedang hingga baik. Penelitian ini menggunakan korelasi kuantitatif. Dengan menggunakan proses pengambilan sampel acak sederhana, sebanyak 43 siswa dari SMK Negeri 7 Jakarta dipilih. Selain itu, saya berpengalaman dalam penggunaan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk melakukan analisis menggunakan metode korelasi product moment. Uji koefisien product moment menghasilkan 'rxy' atau 'ro' sebesar 0,617, dengan 'rt' sebesar 0,304 pada tabel signifikan 5% dan 0,393 pada taraf signifikan 1%. Karena 'ro' lebih besar dari 'rt' pada tingkat signifikansi 5% dan 1%, maka dapat disimpulkan bahwa memang demikianlah yang terjadi. Berdasarkan hasil ini, kita dapat mengatakan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) benar dan Hipotesis Nol (Ho) salah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya evaluasi otentik dalam membentuk nilai akhir siswa SMK Negeri 7 Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, W. N. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta, 97.

Andriani Rike, & Rasto Rasto. (2019). MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Jpmanper/Article/View/14958.

Djollong Andi. (2019). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Http://Jurnal.Umpar.Ac.Id/Index.Php/Istiqra/Article/View/224.

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Biologi, 87.

Khusnul Khotimah, & Susi Darwati. (2020). ASPEK-ASPEK DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN. Http://Eprints.Umsida.Ac.Id/6656/1/ASPEKASPEK%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN%281%29.Pdf

Latip, A. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran : inovasi penilaian hasil belajar. Tanggerang Selatan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen).

Lumban Valentine. (2019). PENGARUH EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2018/2019.

Nadiah, N. (2018). HUBUNGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.26

Nisrokha. (2018). AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN OTENTIK). Jurnal Madaniyah, 216.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Andini, A., & Nadiah. (2024). Pengaruh Authentic Assessment terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Survei di SMKN 7 Jakarta). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 181–190. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.329
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v5i1.329