Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Rofif Robbani Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v6i1.369

Keywords:

Penggunaan Media Sosial, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan media sosial yang semakin canggih. Serta ditemukan gejala menurunnya hasil belajar peserta didik diakibatkan karena bermain media sosial sampai lupa akan waktu. Penggunaan Media Sosial adalah proses atau kegiatan yang dilakukan seseorang dengan sebuah media yang dapat digunakan untuk berbagi informasi, berbagi ide, berkreasi, berfikir, berdebat dan menemukan teman baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media sosial hasil belajar di SMA Pelita 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Random sampling berjumlah 156 siswa/i Islam kelas x di SMA Pelita 3 Jakarta. Sehingga dalam pengambilan sampel digunakan sampel jenuh atau sensus. Berdasarkan hasil analisis, besarnya Pengaruh Negatif Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik tergolong Kuat/Tinggi, yaitu sebesar 0,647atau 65%. dapat diketahui nilai derajat besar (Df) atau degrees of freedom adalah 39, dan apabila melihat “r” produc moment pada taraf signifikan 5% adalah 0,316 dan taraf signifikan 1% adalah 0,408. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ro>rt baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Maka dari hasil tersebut hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sedangkan hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial yang sedang / cukupan terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Pelita Tiga Jakarta Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Y. (2019). Gereja dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 270–283. https://doi.org/10.34081/270033

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Guntoro, H., Rikardo, D., Amirullah, Fahrisani, A., & Suarsana, I. P. (2022). Analisa Hubungan Kebersihan Cargo Bilges dengan Cargo Hold dalam Mendukung Kelancaran Proses Bongkar Muat. E-Journal Marine Inside, 1(2), 1–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9

Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Zuliani, R., Luthfiyah, L., & Mustikawati, R. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Peserta Didik. Masaliq, 3(5), 790–800. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1376

Rulli Nasrullah. Komunikasi Antar Budaya Di Era Budaya Siber.

(Jakarta:“kencana” prenada media group. 2012) eds. I. hal.11

Endri Kusumaratih. 4 Januari, 2017. Renik Media Sosial. Hadila, hal, 9.

Alfiyana Khoiratun. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa. (Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.2014). Hal. 22

Rismana Aida. 2016. Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar

Peserta didik-Siswi Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Geografi

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Muhammad Rofif Robbani, & Nadiah. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 60–63. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.369