Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir di SMKN 71 Jakarta

Authors

  • Nadiah Universitas Islam Jakarta
  • awliya islami zahra universitas islam jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i2.225

Keywords:

Desain Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian yang diteliti adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisa apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana Strategi yang bagus dalam pemilihan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri serta dapat dijadikan sebagai studi banding dan dasar pemikiran bagi timbulnya gagasan-gagasan baru dalam dunia pendidikan khususnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir kreatif siswa, bagi siswa dapat meningkatkan aktivitas selama proses pembelajaran dengan mengkondisikan siswa sebagai petualang dan penemu baru serta melatih siswa untuk berpikir kreatif dengan merangsang siswa berpikir melalui berbagai bentuk pertanyaan serta adanya suatu proses pemecahan masalahh, dan bagi lingkungan pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga dapat dikembangkan dengan materi-materi yang beragam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik kolerasional. Hasil penelitian ini adalah efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir. Apabila diliat rxy yang diperoleh yaitu 0,773 ternyata terletak antara 0,70 – 0,90 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X (Model Pembelajaran Inkuiri) dan variabel Y (Keterampilan Berpikir) adalah korelasi yang tergolong kuat atu tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah strategi yang bagus dalam meningkatkan keterampilan berpikir melalui model pembelajaran inkuiri adalah melakukan eksperimen sendiri 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sofan Amri, lif Khoiru Ahmadi. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam

Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2010.

Arief, Afrini. Agar Anak Mampu Menyelesaikan Masalah (Strategi Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing, Surabaya: Pustaka Media Guru, 2017.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sylvia, Dewi. "Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka

dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran SAINS". Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 01 (2) (2016): 179-186.

Purwati, Arlin Sri. Bahan Ajar Inkuiri, Kebumen: Intishar Publishing, 2019.

Ngalimun. Strategi Pendidikan, Parama Ilmu, 2017.

Sugianto, Irfan. "Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian

Belajar Siswa Di Rumah". Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 3, Agustus 2020: 159-170.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Suparno, P. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik Pembelajaran, Jakarta:

Erlangga, 2007.

Retno, Dwi Suyanti. Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta: Graha Ilmu,

Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif, Jakarta: Ghalia

Indonesia, 2014.

Ambarjaya, Beni. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik, Jakarta:

Buku Seru, 2012.

Zulfiani, dkk. Strategi Pembelajaran Sains, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta,

Hamiyah N, M. Jauhar. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka,

Novehasanah. Kelebihan dan Kelemahan Model Inkuiri,

http://novehasanah.blogspot.co.id/2016/01/kelebihan-kelemahanmodelinkuiri.html. Diakses 10 April 2017 pukul 14.00 WIB.

Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Haddade, H., Nur, A., Rasyid, M. N. A., & R., A. R. (2023). Quality assurance strategies of higher education in digital era: an Anthropology of education study in Islamic higher education institution. In Quality Assurance in Education. Emerald. https://doi.org/10.1108/qae-05-2023-0084

Ade, Sanjaya. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Kusmana, Suherli. Model Pembelajaran Siswa Aktif, Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya,

Rusyna, Adun. Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis para Peneliti Keterampilan

Berpikir, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014.

Sudarma, Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Jakarta:

Rajawali Pers, 2016

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Nadiah, & awliya islami zahra. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir di SMKN 71 Jakarta. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 42–46. https://doi.org/10.55623/au.v4i2.225
icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i2.225