Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Kedisiplinan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.55623/au.v6i2.496Keywords:
Kegiatan Ekstrakurikuler, Rohani Islam (Rohis), Kedisiplinan, Peserta Didik, SMKN 14 JakartaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap peserta didik di SMKN 14 Jakarta, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik di SMKN 14 Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan indikator kedisiplinan seperti, mentaati peraturan dan tata tertib, menyelesaikan dan mengumpulkan tugas sesuai waktunya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien product moment menghasilkan ”rxy” atau “ro” sebesar 0,720, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,325 dan taraf signifikan 1% = 0,418. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler rohis dengan kedisiplinan peserta didik.
Downloads
References
Afan, M., Syahfitri, S., & Abdullah, Y. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTS Al Jamilah Kecamatan Sawit Seberang . Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(2), 171–179.
Aini, K., Muchtar, M., & Ramayani, N. (2024). mplementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa SMAN 1 Gebang. Jurnal Kajian Dan Riset Mahasiswa, 1(4), 614–621.
Andalucy, S. S., Nasution, S. A., & Bisri, H. (2018). SIGNIFIKANSI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. TADBIR MUWAHHID, 1(2), 116. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.954
Anugrah, A. D., & Shobahiya, M. (2024). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Aktivitas Ibadah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(23), 930–936.
Apriani, S. (2020). PERANAN EKSTRAKURIKULER ROHIS (ROHANI ISLAM) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 16 BANDAR LAMPUNG. Repository UIN Raden Intan Lampung.
Ariani Rosadi. (2023). POLA KOMUNIKASI EDUKATIF ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 WERA KABUPATEN BIMA. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 8(2), 28–44. https://doi.org/10.59050/jkk.v8i2.48
Arminsyah, N. R., & Kunaenih. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Peningkatan Kemampuan Soft Skill Peserta Didik (Studi Survey Di SMKN 34 Jakarta). Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 247–251.
Arumsari, A., Misdar, M., & Samiha, Y. T. (2020). Manajemen Ekstrakulikuler Rohis di Sekolah Menengah Atas (SMA) Palembang. Studia Manageria, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i1.4221
Aulia, A. Z., Iswantir, Wati, S., & Sesmiarni, Z. (2022). KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA NEW NORMAL DI SMK N 1 TILATANG KAMANG. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilm, 1(3), 541–549.
Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267–277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353
Azizah Wafik, S. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Character Building di MTs Alkhairaat Buntulia Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. 1–68.
Farhan, F. A. M. Y., Reksa Adya Pribadi, & Farhan Alamsyah Moch Yunus. (2023). UPAYA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SDN CIBUNGUR 1 MELALUI PROGRAM LATE VEST AND GOODNESS PROJECT. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6097–6106. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1208
Farida, S., Munib, & Imamah. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di SMA Al Arifin Langgarsari Camplong. Kabilah: Jurnal Of Social Community, 6(2), 70–87.
Fauzi, I., & Firman. (2023). Pengembangan ekstrakurikuler ROHIS dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik. MANAGIERE : Journal Of Islamic Educational Management, 2(1).
Fitri, A. H., & Syawaluddin, S. (2023). Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Solok. YASIN, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i1.847
Handayani. (2022). Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 1 Pringgabaya. Jurnal Manajemen Dan Budaya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 2(2), 17–32.
Indah, A, R. A. S., & A, T. S. (2015). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SEKOLAH DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN PAI (Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 44 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Tarbawy, 2(1), 82–91.
Karyanto, D. (2019). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2873
Kasingku, J. D., & Lotulung, M. S. D. (2024). DISIPLIN SEBAGAI KUNCI SUKSES MERAIH PRESTASI SISWA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 9(2), 4785–4797.
Khairi, Samsukdin, & Hairoh. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA. IJRC: Indonesian Journal Of Religious Center, 1(1), 23–33.
Khairil Tamimi, Suprapto, & Soraiya. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 257–267. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.344
Khoiiri, M. Y., & Saifudin, A. (2024). Dinamika Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan Islam. JIEM : Jurnal Of Islamic Education And Management, 4(2), 20–30.
Latifah, S., Abrianto, D., & Imron, Z. (2023). Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) (Sepriano, Ed.; Andra Juansa). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Luthfiah, N. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Islam di UPTD SMPN 2 Ngadiluwih. Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)).
Mali, S. (2022). HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP BINAKARYA SURABAYA. Inculco Journal of Christian Education, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i1.50
Marriyeni, D. (2016). PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 02 MUKOMUKO. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 106–115.
Masykuri, M. A. (2023). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. Journal of Educational Research (JER), 2(1), 136–150.
Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). MANAJEMEN ISLAMIC CULTURE MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA. Jurnal Manajemendan Ilmu Pendidikan, 2(2), 158–171.
Mobonggi, A., A. Buhungo, R., & Bonde, F. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(1), 23–42. https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.150
Muspawi, M., Setiyadi, B., & Fitriana, F. (2022). Upaya Peningkatan Disiplin Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2318. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.3085
Nupusiah, U., Aditya, R., & Dewi, D. S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 10–16. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2194
Nurhikmah, S. (2018). Meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap tugas produktif melalui layanan klasikal dengan pendekatan small group discussion di kelas x busana butik 1 SMK Negeri Darul Ulum Muncar tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 55. https://doi.org/10.29210/120182148
Nurreni, F., Nurhadi, N., & Nurcahyono, O. H. (2021). Analisis Kedisiplinan Siswa Berdasarkan Ketaatan Terhadap Tata Tertib Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 209–220. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.33042
Nursyam, N. (2020). Hubungan antara kepribadian guru PAI dengan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 27 Pinrang.
Opnamiyati, S. H., & Asrofi, D. A. N. (2022). Kegiatan ekstrakurikuler rohis sebagai sarana pendidikan karakter. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(8), 486–494. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i8.336
Purwantoro, A. (2017). UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MTsN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA [Thesis (Skripsi)]. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Purwanza, S. W., Wardhana, (Cand) Aditya), & Mufidah, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Ns. A. Munandar, Ed.). MEDIA SAINS INDONESIA .
Putri, P. A. (2024). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM PEMBIASAAN KEAGAAMAAN DI SMP NEGERI 8 KAUR. Repository Perpustakaan UIN Fas Bengkulu.
Raih, S. (2025). PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DI SMA NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Raihan. (2017). Metodologi penelitian - Raihan - Google Buku (Farhana, Ed.). Universitas Islam Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=tHTLEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA130&dq=Nazir,+M.+(2017).+Metode+Penelitian&hl=id&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=Nazir%2C%20M.%20(2017).%20Metode%20Penelitian&f=false
Raito, R., & Khoerunnisa, E. U. (2025). Implementasi Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Dalam Penguatan Karakter Keteladanan Peserta Didik. Masagi, 3(2), 48–55. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.878
Rofiátul, K. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam Di SMAN 7 Kediri. Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)).
Sari, B. S. (2021). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS SISWA DI SMPN 1 DIWEK DAN SMPN 2 JOMBANG. Ilmuna : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 85–105.
Sari, N. C., Ahiruddin, & Djunaidi. (2022). Determinan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai . Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Ke-II , 148–153.
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023a). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023b). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
Septia, D., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa terhadap Mata Pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8980–8984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2407
Shilviana, K. F., & Hamami, T. (2020). PENGPEMBANGAN KEGIATAN KOKURIKULER DANEKSTRAKURIKULER. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 161–177.
Sholihat, M., Ramdhani, K., & Rukajat, A. (2023). PERAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAHSISWA SMPN 2 KUTAWALUYA. Jurnal Ansiru PAI: Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 353–358.
Sobari, N., Priantono, D., & Chalid, I. (2024). Faktor yang MempengaruhiKurangnya Minat Peserta Didik akan Ekstrakurikuler PAI di SMA Negeri 1 Perbaungan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 83–88.
Sri Hasanah, N., & Mardianto, M. (2023). Efektivitas Kegiatan Rohani Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Pendidikan Ibadah Siswa SMA di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala Kabupaten Langkat. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 597–608. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.4710
Strinariswar, R. L., & Susetyo, B. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMPNEGERI 2 JEPARA. JURNALSENI MUSIK, 4(2), 15–20.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.
Sulistyowati. (2019). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VI B MIN 3 MOJOKERTO. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI , 6(2), 186–195.
Supiani, S., Muryati, D., & Saefulloh, A. (2020). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN KOTA PALANGKARAYA SECARA DARING. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.2351
Syamil, A., Falasifah, N., & Radjawane, L. E. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (S. Bahri, Ed.). MEDIA SAINS INDONESIA .
Tamimi, K., Suprapto, & Soraiya. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 257–267.
Widianingsih, R., & Suklani. (2024). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam, 8(3), 710–718.
Wulandari, R. I., Nursalim, M., & Muhimmah, H. A. (2024). Profil Karakter Kedisiplinan Siswa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial , 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i
Yusmilawanti. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENAATI TATA TERTIB MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS VII A MTsN 2 HSU . Jurnal Pendidikan Hayati , 8(2), 149–168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Jannah, Nadiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.