Pengaruh Metode Drill terhadap Kemampuan Membaca Aksara Arab Melayu di TPA Hindah Tsari Ar-Rasyidi

Authors

  • Aghnia Gina UIJ
  • Dinil Abrar S Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55623/au.v4i2.231

Keywords:

pendidikan islam

Abstract

Abstrak. Tujuan permasalahan yang diteliti adalah Tujuan yang ingin dicapai penulis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kemampuan membaca Aksara Arab Melayu di TPA Hindah Tsari Ar – Rasyidi, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode drill terhadap kemampuan Membaca Aksara Arab Melayu di TPA Hindah Tsari Ar – Rasyidi. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai bidang pengajaran, khususnya pembelajaran Aksara Arab Melayu. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai bidang pengajaran, khususnya pembelajaran Aksara Arab Melayu. Sebagai solusi tentang variasi metode dalam mengatasi kesulitan baca tulis arab melayu. Sebagai masukan guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis aksara arab melayu pada santri. Penelitian sini smerupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pendekatan Deskriptif Analitik Korelasional, yaitusmenyatukan antara variabel X dengan variabel Y. Dalam pengumpulan variabel sX dan Y sakan sdilakukan sdalam swaktu syang ssama sdan sdari sberbagai ssumber sinformasi sdan sdata – data syang sdikumpulkan sakan sdilakukan sdengan sejujur s- sjujurnya stanpa sditambah atausdikurangi sserta sapa sadanya ssesuai sdengan sfaktanya syang sberkaitan sdengan skedua variabel stersebut. Berdasarkan hasil analisis besarnya Pengaruh Metode Drill (Variabel X) Terhadap Kemampuan Membaca Arab Melayu (Variabel Y) tergolong Sedang atau Cukup yaitu sebesar 0,434 atau 43,4% ternyata terletak antara 0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Kesimpulan pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket hal tersebut menunjukkan adanya korelasi atau pengaruh yang sedang atau cukup antara Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Arab Melayu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AbjadJawi,https://id.wikipedia.org/wiki/Abjad_Jawi. Diakses 6 Mei 2022 (06:37).

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Azhar, M. L. Proses Belajar Mengajar pola CBSA, Surabaya: Usaha Nasional, 1993).

Collins, J.T. Bahasa Melayu, Bahasa Dunia: Sejarah Singkat, Terjemahan oleh Alma Evita Almanar. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016).

Djamarah, B. S. dan Zain, Aswan (eds). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta, 211.

Helmiati. Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Mahyuni, Sri dan Indriani. “Pembelajaran Aksara Melayu di Sekolah Dasar” Journal Of Education and Teaching, Vol. 3 N0. 2 September 2022: 134-135.

Mujib, A. M. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Narbuko, Cholid dan Ahmad, Abu (eds). Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Nasih, M.A. dan Kholidah, L.N. (eds). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Pratiwi, Yurike. Pola Pembelajaran Aksara Arab Melayu di Kelas III MIS h. M. Hefni Jln. Batang Kuis Desa X A Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Agama Islam. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: 2017.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Kasara, 2008.

Raihan. Metodologi Penelitian, Jakarta: Universitas Islam Jakarta. 2017.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Razak, Abdul. Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran, Pekanbaru: Autografika, 2007.

Risdiawati, Dian. Dkk. “Pengembangan Bahan Ajar Tulisan Arab Melayu”. Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No. 6, Juni 2016: 1002.

Saidi, Saleh dan Trisila, Slamat (eds). Melayu Klasik: Khazanah Sastra Sejarah Indonesia Lama, Yogyakarta: Rejeki, 2003.

Shofwani, M. Irfan. Mengenal Tulisan Arab Melayu, Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu bekerja sama dengan Penerbit Adi Cita, 2005.

Sriyono. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Semarang: Rineka Cipta, 1991.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2017.

Suprihatiningsih. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan Deepublish, 2016.

Surana, F.X. dkk. Menulis dan Membaca Huruf Arab Indonesia, Solo: Dikdasmen, 1982.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo (eds). Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.

Syafaruddin. Dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2014.

Tarigan, H.G. Membaca Sebagai Studi Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1979.

Tuasikal, A.M. Menuntut Ilmu, Jalan Paling Cepat Menuju Surga, https://rumaysho.com/12363-menuntut-ilmu-jalan-paling-cepat-menuju-surga.html. Diakses 20 November 2015.

Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Yusuf, Tayar. Keragaman Teknik Evaluasi dan Metode Penerapan Jiwa Agama, Jakarta: Jurnalis Etek, 1987.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Gina, A., & Dinil Abrar S. (2023). Pengaruh Metode Drill terhadap Kemampuan Membaca Aksara Arab Melayu di TPA Hindah Tsari Ar-Rasyidi. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 47–51. https://doi.org/10.55623/au.v4i2.231

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

icon-doi : https://doi.org/10.55623/au.v4i2.231